Jumat, 25 Februari 2022

Doa Bersama Ikan

 


Ikan-ikan ini mengingatkanku tahun 2018 silam. Iyah waktu itu aku, suami dan buah hatiku Wirda mengunjungi sebuah taman di Purwokerto. Hatiku dag dig dug, meski ada kebahagiagiaan yang meluap pada hari itu. 

Wirda sangat riang memberi makan ribuan ikan di Taman. Suamiku mengerti akan kegalauanku. Dia pun berkata "Ayo, berdoa semoga yang lulus tes SKD cuma umi. Jadi umi bisa lolos CPNS" seraya menarik tanganku menuju kolam. 

"Nih kasih makan ikan-ikan tersebut sambil menyebutkan hajatmu, agar ikan-ikan ini mengaminkan doamu" lanjutnya memberi pakan ikan. 

"Apa bisa?" tanyaku singkat.

"Ikan juga ciptaan Allah, semua mahluk hidup ciptaan Allah juga selalu berdzikir pada Allah. Ikan pasti tau apa yang menjadi hajatmu. Yakin saja...ikan akan mengaminkan doamu." jelas suami panjang kali lebar.

Aku meneguhkan hatiku dan menabur pakan ikan dengan penuh rasa yang tak bisa terungkap. "Ikan aku punya hajat, tolong bantu aminkan doaku ya... Tolong sampaikan juga pada Allah bahwa aku ingin lulus CPNS, doakan aku ya... Agar aku bisa mencapai cita-citaku. Aamiin..." sambil menabur pakan ikan. Aku terharu ikan-ikan tersebut menyabut pakan yang ku sebar penuh suka cita. 

Tiba-tiba terdengar suara mungil Wirda " Ikan... Doakan umi ya... Supaya umi lulus CPNS... Doakan ya ikan..." begitu suaranya mengikuti kata-kata abahnya.

Suamiku pun menoleh padaku sambil tersenyum. Aku pun kembali bersemangat untuk terus berdoa. Kata suami kita tidak tau dari mana doa kita terkabul. Yang penting terus berdoa.

Sehari sebelum mengunjungi taman, aku mengikuti tes CPNS. Dengan passing grade yang tinggi banyak sekali rekanku yang gagal bahkan teman seperjuanganku semua gagal. Hatiku semakin berdebar, jantungku seakan lepas, lemas dan sempat berputus asa. Teman-teman yang berkompeten saja bisa gagal apalagi aku ucapku dalam hati kala itu. Akan tetapi suami dan anaku tak henti mensuportku dan mendoakanku.

Mengikuti tes CPNS adalah hal yang baru buatku dan perjuangan luar biasa. Ada dua kali tes untuk bisa dinyatakan lolos pada tes CPNS yaitu SKD dan SKB. Pada tes awal aku dinyatakan lolos passing grade, ini adalah anugerah luarbiasa. Aku berhak maju ke tahap selanjutnya. 

Seperti apa yang dikatakan suami, kita tidak tahu doa mana yang dikabulkan oleh Allah.  Ternyata pada formasi yang aku pilih, hanya aku yang lulus passing grade. Ini adalah peluang besar untuk lulus CPNS. Dan Allah telah mengabulkan hajatku, entah dari doa-doa yang  mana. Yang pasti usaha harus diesertai doa. Karena usaha tanpa doa sombong, doa tanpa usaha bohong. Begitulah pepatah yang sering aku dengar.

1 komentar:

PMDK

 Sekolah di sekolah yang favorit penuh dilema bagiku yang mempunyai orang tua dengan taraf ekonomi rendah. Berada di lingkungan yang penuh d...